Pengertian dan Fungsi Tandem Roller

Tandem Roller

Alat berat seperti tandem roller atau sering kita sebut sebagai vibro roller sangat kita butuhkan dalam dunia konstruksi pengaspalan. Adanya alat yang satu ini terbukti dapat mempermudah pekerjaan jasa pengaspalan untuk menciptakan efisiensi pekerjaan. 

Masuk dalam kategori alat berat, vibro roller mempunyai dua jenis alat yaitu two axle dengan 2 as dan three axle roller dengan 3 as. Sesuai dengan namanya, alat yang satu ini mempunyai komponen vibrator yang biasa kami gunakan untuk memadatkan maupun menggilas hasil timbunan. 

Dengan menggunakan vibro roller maka tanah yang kami padatkan dapat menjadi lebih optimal. Selain itu, permukaan tanah dapat menjadi lebih dinamis serta solid dan sempurna untuk kita lakukan tahap pelapisan berikutnya.

tandem roller

Kapasitas

Umumnya jenis material yang akan kami padatkan menggunakan mesin penggilas ini berbeda. Tergantung pada kebutuhan lapangan. Untuk itu, kapasitas alat berat yang kami pakai juga akan berbeda tergantung pada jenis material yang menyusun lapisan pemadatan.

Misalnya jika akan kami gunakan untuk tahap pemadatan tanah alat berat yang satu ini dapat memadatkan 20 cm tanah. Sementara, tingkat ketebalannya yang dapat terpadatkan oleh vibro roller dapat mencapai antara 20 cm hingga 122 cm. 

Akan tetapi, jika alat berat ini akan Anda gunakan untuk proses pemadatan batuan, maka kapasitas alat menjadi berbeda. Umumnya vibratory roller dapat memadatkan material bebatuan dengan efektif mencapai ketebalan 210 cm.

Fungsi Tandem Roller

Kemampuan alat berat pengaspalan yang satu ini yaitu untuk menggilas serta memadatkan semua hasil timbunan. Selain itu, berikut beberapa fungsi lain yang yang terdapat pada alat ini.

  1. Meratakan permukaan jalan. 

Alat ini mempunyai fungsi utama sebagai media untuk menggilas aspal beton pada konstruksi pembangunan jalan raya. Dengan melalui proses tersebut, maka permukaan jalan dapat lebih rata dan lebih kuat. Kemampuan ini penting agar ketahanan jalan teruji dalam menampung berbagai beban lalu lintas yang melintas secara berulang. 

  1. Membersihkan permukaan konstruksi jalan. 

Tandem roller juga dapat kita gunakan untuk alat pembasah agar medan yang sedang kita kerjakan bersih dari debu maupun kotoran lain yang menempel. Fungsi ini bisa kita lakukan karena adanya komponen tangki air pada vibro roller yang berkapasitas mencapai 25 liter.

  1. Mencegah penumpukan kotoran pada tanah. 

Alat berat ini juga dapat membantu mencegah adanya penumpukan berbagai kotoran, debu atau kerikil yang ada di permukaan tanah.

  1. Memadatkan serta meratakan struktur permukaan. 

Selanjutnya fungsi lain dari vibro roller yaitu untuk memadatkan serta meratakan struktur pada permukaan tanah yang akan kita lakukan pekerjaan. Tahapan ini penting karena dapat menjamin tingkat kekuatan permukaan dalam menyangga berbagai beban di atasnya menjadi lebih optimal. 

Dengan adanya beragam fungsi pada alat berat ini, maka tidak heran jika sering dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan konstruksi pembangunan jalan. Penting untuk Anda ketahui bahwa sebelum alat berat ini anda gunakan sebaiknya anda lakukan pengecekan keseluruhan terlebih dahulu. 

Penutup

Beberapa pengecekan yang harus anda lakukan yaitu meliputi komponen tangki, kondisi mesin, batang kemudi alat berat, bahan bakar serta koneksi kabel. Tujuan utama dari tahap ini yaitu untuk memastikan supaya alat berat ini dapat memberikan kinerja optimal dan aman saat anda gunakan. Untuk pengoperasian tandem roller umumnya terdapat petunjuk yang sudah tersedia sesuai standar konstruksi pembangunan jalan. Operator harus mengikuti setiap langkah dengan cermat agar alat berat ini dapat bekerja dengan aman dan meminimalisir risiko kecelakaan kerja.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.