Fungsi Pneumatic Tyred Roller Sebagai Salah Satu Alat Pengaspalan

Pemadatan adalah elemen utama jalan untuk menghindari kerusakan jalan dan lubang akibat konstruksi jalan yang buruk. Pneumatic Tyred Roller / PTR sangat kita perlukan dalam konstruksi jalan untuk mencapai kepadatan maksimum dan kelancaran jalan yang sangat baik. Mesin ini juga membuat jalan aspal hotmix bertahan selama bertahun-tahun.

pneumatic tyred roller PTR

Kegunaan Pneumatic Tyred Roller

Tujuan utamanya adalah untuk ‘manuver’ material guna menghilangkan rongga udara secara efektif yang muncul dari material yang telah kita tempatkan secara longgar. Mesin ini membantu mencapai tingkat pemadatan yang kita inginkan dan dapat kita gunakan di tanah dan aspal. Alat ini juga banyak kami gunakan untuk pemadatan tanah dasar termasuk aspal hot mix.

Jenis peralatan pemadatan ini cocok untuk bahan dasar lunak atau lapisan tanah gembur dan pasir berbutir rapat. Jasa pengaspalan yang peduli dengan teknologi pemadatan maksimum untuk aplikasi paving solid akan menggunakan mesin ini. Model-model terbaru bahkan telah lengkap dengan kontrol ergonomis dan kursi serta rakitan kemudi yang dapat kita putar dan kita geser ke samping. Fitur ini tentu lebih mudah dan nyaman untuk kita operasikan.

Cara Kerja PTR

Alat ini kami gunakan untuk memadatkan perkerasan bitumen atau aspal yang kami letakkan dingin, bahan lapisan dasar lunak atau lapisan tanah gembur. Mesin ini juga cocok untuk memadatkan pasir bergradasi dekat, dan tanah kohesif berbutir halus pada kadar air mendekati batas plastisnya.

Kunci untuk memahami cara kerja rol pneumatik adalah mengetahui fitur pembedanya. Fitur normal dari sebagian besar compactor seperti mesin diesel dan kanopi pengemudi. Apa yang membuat roller pneumatik unik adalah beberapa baris yang terdiri dari empat hingga enam ban jarak dekat. Ban ini bertindak sebagai roller, bukan drum standar. Inilah mengapa juga kita sebut juga dengan istilah roller ‘ban karet’.

Dari segi cara kerjanya, keuntungan utama menggunakan pneumatic roller adalah kemampuannya untuk memberikan penetrasi statis yang lebih baik. Ini berarti ia menerapkan jumlah gaya yang merata dan konsisten di seluruh area yang kami padatkan. Ini mengarah pada relokasi partikel dan kepadatan pemadatan yang lebih baik. 

Selain itu, mesin ini memiliki traksi yang baik dengan sebagian besar bahan yang kami gunakan. Hal ini membuatnya populer untuk campuran keras yang kami gunakan dalam konstruksi seperti superpave, campuran aspal berkinerja tinggi.

Fungsi PTR

Mengingat fitur, karakteristik, dan kualitas uniknya, fungsi roller pneumatik menjadi jelas. Alat pengaspalan jalan ini dapat kita gunakan dalam memadatkan campuran aspal dingin, lapisan tanah gembur, dan bahan dasar lunak lainnya. Rol pneumatik juga paling cocok untuk memadatkan pasir bergradasi dekat dan tanah kohesif berbutir halus.

Untuk alasan ini, kontraktor menggunakan penggunaan pneumatic roller di tengah rangkaian paving. Alat ini kita gunakan setelah roller drum menghancurkan lapisan aspal atau jalan. Biasanya, penggulung drum baja yang bergetar benar-benar dapat memecah material paving (misalnya aspal). Area yang rusak kemudian akan kami segel kembali dan kami buat lebih padat oleh roller pneumatik.

Roller drum baja normal kemudian kami gunakan untuk memastikan kelancaran perkerasan. Selain berkontribusi pada proses konstruksi, Pneumatic Tyred Roller juga dapat kita gunakan untuk menguji tingkat pemadatan berbagai bahan. Bukan hal yang aneh untuk melihat uji pemadatan yang melibatkan roller dengan mengerahkan 50.000 lbs. Kekuatan, bergerak bolak-balik di atas lokasi kerja dengan bobot yang berat tentu menghasilkan kinerja maksimal.